Rabu, 20 Juni 2012

Angsa, si gembul dan perjuangan untuk tidur


Untuk si gembul (*bukan nama sebenarnya), jangan tersinggung ya *nama ini kan pemberian merak.  Ada banyak kisah lucu, aneh bahkan ajaib…here we go…
Hari itu aku jaga malam menggantikan si gembul yang jaga pagi. Si merak mengatakan kalo si gembul ngilang pas jaga. Maka dia dihukum si merak cari makanan. Tapi karena tiba2 di UGD ada banyak makanan. Maka aku disuruh untuk menelpon agar si gembul gak usah beli makanan.
Tapi tiba2 tengah malam ketika makanan telah habis, merak berkata “mana si gembul, kok gak kesini bawa makanan”. Pikir ku -loh piye to katanya gak jadi ???

Beberapa hari kemudian, hari itu seharusnya aku tak ada disini, craniotomy bersama si gembul. Hari itu aku dihukum jaga hingga pagi karena ada miskomunikasi masalah per’jaga’an. Aku yang gak persiapan jaga (capek soalnya kemaren habis jalan2, berharap hari ini bisa tidur di singgasanaku, eh malah tidur di kamar koas UGD, cm sejam lagi), agak males kalo mesti ikut operasi.
“mbul, kamu aja ya as-op nya” setengah memohon *dengan tanda seru dibelakangnya !!!!!!!
“ya, kak” si gembul setia kawan juga, mungkin kasian sama angsa…
Tiba-tiba si merak bilang… “dek yang masuk OK, satu lagi”. jeggggggeeeeerrrr *Bagai disambar petir diriku setelah combutio ec sengatan listrik…
Maka aku pun masuk sebagai photografer bersama si gembul tentu saja. Si gembul beruntung banget gak jadi as-op, kerjaannya Cuma ngantuk2 aja, kerjaanku yang seharusnya aku bisa hecting ato WT diluar jadi ngurusin cm, masang foto CT, jeprat-jepret dengan kepala sebagai  modelnya.
Di OK, sang operator tiba, masuk ruangan dan menanyakan padaku “koas grup ini ya?”
Tanpa menjawab aku pun mengangguk sambil tersenyum lebar (selebar apapun aku tersenyum tetap gak akan kelihatan karena tertutup masker> tumben banget ditanyaain sama sang phoenix, rasa pedih ku udah agak terobati dengan ‘formula bexter’ (analog dengan sapaan sang phoenix).
Sang operator bersama 2 asisten lainnya, sesekali mereka menyuruhku memotret dengan angle tertentu. tapi entah kenapa aku masih merasa beruntung hari itu aku bisa melihat clot di dalam tempurung kepala. Aku berdiri disamping sang operator. *maklum ndeso baru pertama kali craniotomy.
Jepret “ jangan di foto dulu dong kan belum saya bersihkan. Kamu juga gak mau kan saya foto kalo belum dandan”, aku Cuma tersenyum lebar. Hal ini untuk menutupi mata ku yang udah menutup karena ngantuk. Udah jam 1 malam, operasi belum selesai juga. Udah mulai ngantuk. Aku mulai duduk dikursi bersandar ke dinding, mata merem, tapi telinga harus ON sapa tau dipanggil *ini adalah kecanggihan yang harus dimiliki oleh seekor angsa.
Aku menyadari kayaknya asisten anest juga butuh tu kursi. Maka kuserahkanlah tempat tidurku itu *dengan berat hati. Akhirnya aku bersandar di dinding, dibelakang lemari tempat obat anest, mlorot, senderan, selonjor lagi *wah ini pewe banget tempatnya.
Kuperhatikan dari tadi, si gembul udah gak Nampak di dalam OK. Kemanakah dia? Masak di OK bisa ilang kan gak mungkin. Ku lihat di kolong bed si ikan berbaring, siapa tau si gembul ngumpet di sana. Gak ada juga.
“kamu kasihan banget sih dek, ngantuk banget, ya udah kamu tidur aja. Biar si gembul yang ada disini”, “lho mana si gembul”
“???”
“temen mu itu memang mafia owg!!”, “seharusnya sebagai dokter kita harus menunggui pasiennya hingga keluar dr kamar operasi, karena kamu udah capek kamu keluar duluan aja”
“gak papa pak saya temenin (T.T)”
“gak papa keluar aja dulu, gantian tidur sama temenmu”
Dengan terharu aku keluar dr OK menuju UGD, bagai terkena serangan jantung. OMG pasiene akeh banget. Akhirnya HT dan WT. dalam hati aku menjerit “kapan aku tidure???”
Siangnya pengesahan hingga jam 11 siang. Tapi banyak ilmunya.
“lo mana si gembul??” kata si merak
Perasaan tadi sudah kubanguin deh…. Zzzzzingggggggggg……………

Entah kenapa aku sering banget bareng sama dia, bahkan dari saat di grup Ahli mimpi.
Saat di grup ahli mimpi, waktu itu kita jaga di bank-R berdua, aku datang belakangan, belum juga duduk. Aku udah disuruh ke VK setelah itu ke radium- trus ke VK lagi. Ada 4 program dan si gembul gak ikut karena dia ada tugas mbantuin buat PPT. sekalinya gantian (aku yang gak ikut) ada program CVP gak jadi karena si gembul yang ikut. *kayaknya dia emang ditakdirkan untuk ongkang2.

Jaga di grup ahli mimpi. Tok..tok…tok… Intubasi ruangan. Intubasi ruangan yang mengharukan karena si ikannya jelek banget berakhir dengan +. Si gembul gak ikut. Balik ke kamar jam 10 malem dan kulihat si gembul udah tidur dengan lelapnya. Kemudian kami di oper ke UGD.
Di UGD. Jam 11 malam. Si merak berkata “ kamu tidur aja, gantian ya” lalu si merak pergi.
“kak, ka2k kan udah intubasi ruangan nanti biar aku yang laparotomi aja, aku tidur duluan ya kak”
Logis sih. “ya udah duluan aja” kebetulan ada program laparotomi jam 2 pagi. Aku gak usah ikut ah.
30 menit kemudian. Aku masih belum ngantuk karena baru liat si ikan +. Tiba-tiba dari arah belakangku. “loh kamu kok belum tidur, lha temenmu mana? Dia yang tidur duluan?? Ya udah kamu tidur aja, biar saya yang jaga”
“gak papa, saya belum ngantuk” si merak pergi dengan mata merah
15 menit kemudian, dia datang lagi. “udah kamu tidur aja sana”
“bentar lagi, nanggung bukunya belum selesai dibaca” dengan posisiku membaca buku reanimasi itu.
15 menit kemudian, dia datang lagi. “udah kamu tidur aja sana”
Karena udah malas jawab, akhirnya aku senyum aja. Dia pergi lagi.
15 menit kemudian, dia datang lagi “udah ka…” belum sempat dia melanjutkan ucapannya
Aku langsung berdiri dan menutup bukuku “iya pak saya tidur saja”. Sebelum ada 15 menit yang keempat kelima dst… *padahal kayaknya si merak mau bilang “udah ka…mu masuk OK aja…” hihihi, aku kok jadi kepedean tidur ya///
Aku pun pergi ke kamar. Loh si gembul kok gak ada. Ada yang bilang “sa, itu lo partner mu tidur di mushola”,  deg…ya ampun kasihan banget si gembul, mungkin dia sudah berusaha tidur di kamar ini, tapi diusir oleh para angsa yang lain. Aku pun sempat mau diusir karena kami dianggap menuh2in tempat. Tapi gak mungkin juga kalo aku tidur di mushola bareng si gembul, gak mau lebih tepatnya. Akhirnya dengan bodi 46 ini aku berhasil nyempil2 tidur di bed teratas. Huft.
Aku dibangunkan untuk laparotomi. Mungkin orang itu berniat untuk merebut tempat tidurku. “udah ada yang masuk kok”. Memang terkadang terdapat pertempuran sengit untuk mendapat tempat tidur.

Jadi ingat pernah suatu saat aku gak dapet tempat tidur, dengan sangat mengenaskan aku tidur di ruang tindakan dengan lumuran ceceran darah disekitarku bekas HT dan WT. tapi kalo udah ngantuk rasanya kaya tidur di hotel bintang lima meski Cuma setengah jam (mengenaskan sekali jaga Cuma tidur setengah jam, mana keesokan harinya pulang jam 9 malam). Kayaknya bisa masuk MURI ni melek 40 jam. Semua ini kulakukan demi ikan. Beruntung sekali wahai kau ikan…
kasihan juga si gembul harus ikut laparotomi hingga jam 4 pagi, kata angsa ve dia kan gak tahan penderitaan. Jam 6 pagi ada SC maka sebagai itikat baik. Biar aku aja yang masuk OK.
Emang dasar. Kalo niat baik itu pasti berbuah manis. Durante op. 2 angsa ambisius akhirnya masuk OK. Aku benar2 beruntung mereka datang pada injury time. Ngapain ber3 di OK mending aku mandi dulu aja...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar