Minggu, 17 Juni 2012

Angsa dan Mitos Per`koas`an


Namanya mitos emang gak masuk logika. Bahkan mitos berkembang pesat di lingkungan para dokter yang IQ nya di atas rata-rata.
Kamar jaga koas kulit. Katanya ada hantunya anak-anak, ada koas yang pernah diweruhi. Emang sih kamarnya agak serem, banyak koas yang takut kalo mesti nginep disitu. Dan entah kenapa kalo jaga malem disana jam 2 malem pasti kebangun.

Lift anak. Katanya serem dan suka aneh liftnya. Terutama kalo malam dan harus naik ke lantai tiga. Suka mbuka sendiri, suka naik ke lantai tiga sendiri. Kadang kalo kita mencet tujuan kita mo kemana, ternyata setelah pintu lift kebuka kita tetep berada di lift yang sama. Hal ini emang pernah aku alami, tapi mau gimana lagi, jaga anak capek banget apalagi kalo ditambah naik tangga, masalahnya kadang 1 jam sekali harus bolak-balik ke PICU_NICU, HND atau PBRT, cuek aja, kayaknya udah gak peduli karena capek mengalahkan segalanya.

Pojok kematian di bangsal anak. Aku lupa dikamar nomer berapa di bangsal anak, tempat tidur yang deket kamar mandi, yang paling pojok di sisi kiri. Kata residen kalo pasien tidur disitu pasti mati. Nek menurutku sih karena pasiennya emang udah jelek. Katanya sih pernah suatu kali ektrim banget seorang pasien yang kondisinya jelek dan tidur disitu, karena para residen takut banget sama laporan kematian, maka memindahkan pasien tersebut.

Kamar mandi interna. Terdiri dari dua buah kamar mandi yang on, yang satu lampunya neon, yang satu lampunya bolam 10 watt warna kuning. Kata anak-anak kamar mandi yang lampunya kuning itu ada hantunya, makanya para perawat gak ada yang mau mandi disitu. Justru ini kamar mandi kesukaanku karena aku bisa mandi lama tanpa digedor-gedor.

Timbangan forensik. Disebut juga timbangan pembawa visum dimana kalo nimbang disitu maka visum akan banyak datang. Tapi entah kenapa ya, emng bener kalo habis ada yang nimbang di timbangan itu pasti visum berdatangan. Mungkin kebetulan.
Koas pembawa pasien. Di kalangan para koas ada yang disebut koas pembawa, yang kalo jaga suka membawa pasien, pasiennya jadi super banyak, sehingga hampir semua tim jaga gak bisa tidur. Sebenarnya kasihan juga koas ini, atau lebih tepatnya koas yang jaga bareng sama dia, karena gak bakal ada koas yang mau tukeran jaga bareng koas pembawa, kecuali kepepet.


Jaga bayangan

Jaga bayangan adalah koas yang tugasnya menjadi bayangan dari koas yang tugas jaga. Ide ini muncul karena ternyata koas tidak dapat membelah diri, makanya pake jurus bayangan aja. Karena tugas jaga yang banyak banget sedangkan para koas tidak dapat membelah diri, maka jaga bayangan adalah solusinya. Jaga bayangan ada pada stase besar biasanya misalnya Anak, tugasnya sih mbantuin beging, gimana gak ada jaga bayangan, la wong tim koas harus membantu di PICU-NICU, bangsal, PBRT, HND bahkan di UGD kalo diperlukan (untuk jaga junior), kalo jaga senior sih biasanya gak ada jaga bayangan. Ada lagi jaga bayangan Neuro, tapi pas aku sih gak ada karena untungnya pas sepi beging.

Koas Pato
Pato berasal dari kata patologis, gelar diberikan para koas yang patologis, yang namanya patologis ya berarti gak fisiologis, artinya tidak sesuai dengan kodratnya sebagai koas, misal datang terlambat, gak pernah ke poli, kalo jaga pulang. Asal selama tidak merugikan orang lain (koas lain) sih gak masalah, kalo bermasalah koas tersebut harus dibasmi, maksudnya diluruskan.
Koas pato bisa berarti koas yang sangat rajin. Dateng satu jam sebelum yang lain datang, pulang setelah rumah sakit sepi, ini juga pato karena gak sesuai dengan kodratnya. Nambah ilmu sih gak masalah cuman kalo Cuma nambah capek, sumpek liatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar