Senin, 28 Mei 2012

Angsa Muda dan sentuhan sang Ratu

Orang2 bilang grup ini Ratunya kedok***an. Saya juga bingung kenapa? Katanya karena menguasai hampir seluruh ilmu yang dalamnya bagai laut tak berdasar.
Banyak ilmu dan cerita disini…its gonna be a long long strory… saya berharap anda tidak jadi membacanya. Ini bukan bacaan untuk umum.

Di grup ini saya sedih karena tidak ada substage Poli yang saya sukai…

Sepeda. Satu2nya grup yg punya banyak sepeda, dan kami para angsa bisa mempergunakannya dgn layak. Di grup ini sepertinya diharuskan untuk bisa naik sepeda. Saya takut sekali naik sepeda karena sudah lebih dari 7 tahun saya tidak pernah menaikinya lagi. Waktu saya jaga dan diharuskan untuk anam+PF pasien baru di geriatri. waktu itu jam 2 pagi. Saya jalan kaki, menurut saya wajar, karena memang jarak bangsal-geri tdk terlalu jauh. Si merak sangat kasihan pd saya…

“dek sepedanya kamu pake aja, saya ntar jalan kaki…”
“g usah pak, saya jalan aja” saya mengatakan ini dgn sangat kecewa bkn karena aku g mau naik sepeda itu tp karena saya tdk bisa. Saya hrs menolak kebaikkan hati org lain…mulai saat itu saya berjanji saya harus bisa naik sepeda…akhirnya saya berlatih dgn meminjam sepeda ibu angsa.

Saya bisa naik sepeda lagi. Saya jadi ketagihan…pada saat saya jaga UGD saya balik ke bangsal dgn menggunakan sepeda. Jarak UGD dan bangsal cukup jauh, jadi saya bisa jalan2. Saya sering jalan dgn sepeda jika ada tugas luar yg mengharuskan saya keluar dari bangsal. Saat pagi2 coba naik sepeda keliling BPI. Seru bgt lah :p dan saya tambah sehat…

Memang merak disini terkadang agak lebai mengenai sepeda. Waktu saya jaga UGD saya pernah disuruh ke ICU untuk konsul.
“dek pake sepeda aja y…”
“ooo..ya pak” saya tahu niat baik merak mungkin agar saya tidak capek namun kalo saya membawa sepeda saya akan tambah capek karena ICU kan tepat diatasnya UGD tinggal naik satu lantai g perlu nuntun sepeda. Ini pertama kalinya saya menolak pake sepeda.

Kegiatan bangsal di mulai pagi hari sampai siang hari. Kerjaannya nebul, EKG, GDS dan pengawasan. Selain itu follou up, anamnesis dan PF seperti biasa. Tentusaja disini banyak ilmunya. Mulai dari suara jantung, suara paru dll. Untuk masalah folou up ini akan diceritakan nanti di akhir saja.

Hal paling sering dilakukan adalah EKG dan tentu saja membaca EKG. Untuk bagian membacanya ini agak sulit. Maksud saya sangat sulit namun tidak mustahil dilakukan. Dimana kita harus menterjemahkan kelistrikan jantung yang kaya sandi rumput itu. Tapi saya punya kepekannya…hehehe…ini penting untuk di UGD. Mesti harus tau infark dan pembesaran jantung. Waktu itu pernah EKG masal di UPJ n gak dibantuin sm angsa 0 dioptri, waktu itu si angsa 0 lagi sibuk ngerjain kasbes so saya agak g enak minta bantuan klo misal saya bisa sendiri, meski akhirnya saya kewalahan dan akhirnya merak UPJ harus membantu saya.…
Dan yg saya lakukan adalah mencari EKG kalo ada pasien apneu yg sedang di RJP. Hal ini untuk siap2 kalo asistol bisa tau. Pasang lead ekstemitas aja…

Geriatri. Stase yg paling g enak. Karena saya kebagian EKG masal 2 kali. Meski follou upnya cuma beberapa orang. Tapi EKG marmos itu memperlambat kerja kami…

Jaga Bangsal. Gempor itu kesan pertama. Kata angsa x kaya main Hospital Dash. Dan ini emang benar, saya pernah dapat GDS 15 pasien premeal+23 n nyuntik insulin, EKG 5 pasien pagi sore, pengawasan 1 pasien per jam dan nebul 2 pasien serta 26 pasien yang harus di TV tiap 4-8 jam, nulis folou up serta balance cairan… dan ini saya dapatkan di hari pertama saya jaga, dimana saya belum cukup pengalaman. OMG. Belum lagi ada dua pasien yg + jadi saya harus mbantuin mereka yg RJP. Huh. Saya nyaris tidak tidur dan tidak duduk juga dan otak terasa lemot ketika laporan pagi pertama kali.

Pengalaman yang saya dapatkan adalah nyuntik insulin, dimana saya belum pernah melakukannya, saya kemudian menelpon guru Angsa Ip dan bertanya gimana cara yg baik n bener nyuntik insulin. Keesokan harinya saya bertemu angsa Ip dan dia berkata “gimana udah bisa?” sambil senyum menganggapku lucu. Dan ini dilakukan per telpon. EKG, pertama kali EKG saya butuh waktu yg agak lama sekitas 15-20 menit. Hal ini dikarenakan kadang error dan kriting, dan harus menggunakan manuver2 khusus untuk membuatnya smooth. Namun lama kelamaan saya bisa melakukannya dalam waktu kurang dr 5 menit (dgn catatan EKG nya sehat). Bahkan saya pernah EKG sambil mengGDS 2 ikan lain disebelahnya.

Suatu hari petugas BPI (g jelas jabatannya), sebut saja bebek. Marah2 karena EKG posisinya berantakan n tdk berada pada tempatnya. Waktu itu bebek marah2 pada semua angsa, saat itu superhectik jam 7 pagi saat folou up, nulis CM, balance cairan dll blum kelar so g ada yg merhatiin itu bebek marah2, “sebentar bu” saya nglanjutin nulis CM karena keburu siang. Tiba2 EKG nya diganti jadi EKG super marmos, EKG merak yg sebelumnya ilang (yg ternyata aku baru tahu disembunyikan dimana stelah keluar dari stage ini). Pernah suatu hari EKG nya rusak, dr pihak angsa mungkin sedikit lega tp merak mumet mesti, lagian kasian juga pasiennya, penegakkan diagnose jd terhambat, tdk bias EKG ulang.

Saya disuruh meminjam di Geri, sampai 3x bolak-balik g dikasih jg, akhirnya si kepala kepodangnya sendiri yg bilang kalo g boleh dipinjam, plis deh ya mbok dari tadi, kita kan jadi g usah nungguin…pinjam ke penasehat kepala atau ke lintas bagian juga rusak, pinjam ke Cendra***** jg g bakal dipinjemin. Tp ak heran deh, si angsa 5 dioptri bisa pinjem dr Cendra, sangar tenan, auranya sebagai chief emang ngaruh….kalo bicarain EKG kok jadi marmos rasane…

Kegiatan yg saya sering lakukan adalah nyuntik obat, pernah saya menyuntikkan xylodela, adalah antipiretik intramuskuler (saya br tahu), ranitidin, metoklorpamid, ketorolak. Waktu di UGD saya mau menyuntik dexa, tapi kata merak saya belum siap. Mungkin butuh teknik khusus untuk penyuntikan ini.*lebay padadal podo wae...

Saya selalu merespon setiap keluhan dari pasien yang saya jaga dan saya selalu melaporkan ke merak dan saya sedikit memaksa agar merak setuju untuk memberi terapi dan akhirnya merak menyuruh saya untuk melakukan injeksi ato sekedar pemberian analgetik ato antipiretik oral. Meski obat yang diberikan simptomatik, Menurut saya, itu tetap hrs diberikan krn saya tdk sanggup si ikan beserta keluarga penunggunya gelisah semalaman dan mengeluh g bisa tidur dan akhirnya dipagi hari tensinya pada naik….bahkan terkadang saya mengganti infus dan membetulkan infus yg macet atau yg blong.

Meski  sebenarnya ini bukan tugas saya, tapi kegiatan ini mengingatkan saya waktu saya jaga bangsal bugenvil…pernah saya mambawa spuit untuk membetulkan infus yg blong, entah karena kuatir saya bertindak brutal ato kasihan pada saya,  seorang merak merebut spuit itu dan dia melakukannya untuk saya…berlebihan

Malam terakhir saya jaga bangsal. Mendebarkan.  Tiba2 seorang merak menghampiri saya dan menyuruh saya segera ke CDC. “saya disuruh apa ya?”…”nanti kamu juga tahu”

Goes…goes…goes…saya kayuh sepeda menuju tempat yg dimaksud, disana sudah ada 2 cowok yang sudah menunggu saya, eh maksud saya petugas. Sebenarnya saya tugas BD namun karena yg tugas A lagi super duper sibuk maka saya menghendel tugas luar, maksud saya, biar saya bisa jalan2. Petugas itu mengatakan saya harus menjemput seseorang di luar BPI, kata mereka sopir ambulan (dan plus ambulane to yo mesti) akan menemani saya. setelah diskusi panjang. Saya sebenarnya agak terlalu g mudeng tentang tugas ini. Karena ini baru ada dalam sejarah….

Singkat cerita saya udah didalam ambulan bersama pak supir. Jam 00.00 dini hari. Maka agar g terlalu garing maka ngobrol aja. Ditengah jalan bapaknya minta untuk ditemenin beli pulsa dulu. Ini emang kayaknya tugas yg aneh karena saya belum tahu maksudnya. Kemudian kami meluncurke sebuah perkampungan, agak padat. Saya bertanya, “pak, emang pasiennya orang penting ya, pak kok pake dijemput segala?? (pikir saya, mungkin saya bisa ketemu artis, model, mentri ato presiden)…”bukan, kita mau njemput petugas untuk pengambilan sampel AI flu burung, mungkin g ada yg berani”…ooo, saya baru mudeng. Setelah bertanya pada berjuta2 orang. Dan setelah mengarungi berbagai rintangan seperti palang jalan (ternyata ambulan itu tinggi y, sampe g bisa masuk palang jalan). Dan setelah berkelahi sampai titik darah penghabisan dgn dewa mabuk di jalan2. Akhirnya sampai ditempat yg dituju. Petugasnya belum siap lagi. Mesti mandi n luluran dulu kali ya….

Meski tugas ini aneh tapi saya senang bisa naik ambulan, ini pertama kalinya bagi saya (ndeso), pulangnya saya duduk di belakang, jadi bisa lihat obat2 emergensi yg ada plus macem2 infus. Sistem gledeg bednya, oksigen, dan tidak ketinggalan ET dan alat beging. Ada collar neck juga. N ukurannya banyak lo dari anak sampai dewasa. Dan saya membayangkan gimana resusitasi di dalam sini. Sempit bok… n yang lebih oke lagi saya bisa liat simpang lima n kota2 jam dinihari…hehehe…

Jaga UGD. Saya agak was2 n g enak soalnya, saya biasanya pembawa ke-hectic-kan. Tapi menurut sejarah jaga biasanya hari ini sepi n aman so g perlu kuatir. Mulai malam udah ada 2 resusitasi n RJP belum lagi pasien yang mengalir kaya sungai. Tapi kami belum sempat beging, saya cuma bisa bersyukur jaga bareng sama mereka yang kuat RJP, maklum setengah siklus aja saya udah dispnue. Menjelang pagi ya ini mulai deh, kehectickan itu datang pasien yang aneh. Pasien rujukkan dipasang monitor. Saya beging. Si angsa x nunggu giliran RJP. Pulse (+) karotis, kadang (-), tekanan darah (+), heart rate (-) trus di RJP, muncul HR tapi STV.

“clear…clear…” yang diterjemahkan dalam bhs indonesia “ bebas…bebas…” saya melepaskan begingan…dan….jebreeettt DC syok mulai ditempelkan karena si ikan yang SVT. Denyut kembali lagi, abnormal lagi…RJP lagi…DC lagi, menggunakan DC hampir 3 kali. Sambil diberi SA n epinefrin sampai habis belasan ampul. Nyawa tu ikan emang kuat banget tak mau beranjak dari raganya…setelah hampir 2 jam akhirnya resusitasi terlama yang saya hadiri berakhir juga. Ternyata kepodang UGD hebat juga bisa hapat urut2an resusitasi keren ini.
*sebelum saya ikut ACLS ini terlihat sangat mengagumkan

Jaga UGD saya bersama angsa 3 saya tidak tidur semalaman karena harus beging. Yang mana beging nya berat banget. Kami tidak makan, tidur ataupun mandi. mesakke…untung paginya libur minggu, bisa tidur dengan membabi buta setelah jaga….
Di sinilah petama kali saya kenal Jackson risse (piye ya tulisane), setelah saya bertanya pada angsa dari grup Raja. Sebenarnya dia bisa menggantikan beging…tapi…

Disini saya bertemu ikan tirotoksikosis, gejalanya khas seperti pada buku. Keluarga tu ikan dateng, emang si gayanya tu mas2 agak setengah g genep (mas2 kemayu)…
“dok, gimana ya satu ruangan bangsal isinya pasien batuk smua…saya nanti bisa ketularan, ada masker g ya dok???” dgn logat mas2 super kemayu, tangan ditekuk n melenggak lenggok.

“g akan ketularan, mas (saya sebenarnya bingung hrs panggil mas ato mbak)kan disini cuma beberapa jam jd g akan ketularan. Saya aja yang disini sampe 8 minggu aja g kenapa2 (semoga)…” saya sdng sibuk bgt waktu itu dan hrs direpotkan dgn hal yg g penting. Tapi saya berusaha untuk sabar karena saya berada di tempat orang.

“belinya masker dimana ya?
Saya menunjukkan jalan menuju parkiran tempat penjual masker dan sekali lagi saya jelaskan bahwa sebenarnya dia tdk perlu masker. Akhirnya dia manut juga setelah saya jelaskan tentang kondisi keluarganya bahwa takipnuenya disebabkan oleh tirotoksikosis bukan TB kaya ikan2 ikan seruangan dgn ikan itu.
Emang si ikan dan keluarganya emang aneh2 disini. Waktu itu malah ada istri ikan yg konsultasi sama saya tentang infertilitas padahal sakitnya si ikan diare dan kebetulan mereka belum dikaruniai seorang anak ikan. Ada yang marah2 karena kebetulan waktu itu komputer UGD sedang error sehingga pasien belum bisa masuk karena data blm bs di akses. Si ikan marah2 dan ingin mendorong brangkarnya sendiri ke bangsal.

Follow up yang aneh. Suatu saat sy folou up bangsal lateral. Waktu itu saya tanya pada si ikan tetang keluhannya, si ikan menjawab dgn aneh, menggebu2 pula  “dok, perut saya tertimpa air hujan, seperti disiram dr atas, ada suara gemuruh, brakkkk,,,lalu air itu membanjiri semua ruangan”,

 sy mulai berpikir aneh, mungkin ikan ini mengalami penurunan kesadaran karena ensephalopati, karena saat ini kami sedang ada di lt 1 dari 3 lantai, g mungkin (scr logika) kebocoran air hujan, karena ada 2 lantai diatasnya, yang lebih aneh lagi 1 bangsal itu mengeluhkan hal yg sama “perut saya kembung kena air hujan”, “saya g bisa tidur kecipratan air hujan”, setelah saya keluar saya melihat bangsal medial dan saya kaget, g ada orangnya, jangan2 smuanya +++. Saya bertanya pd angsa 0, ternyata yg dikatakan si ikan itu benar. Td malam emang air hujan membanjiri seluruh ruangan sehingga semua bangsal medial di evakuasi (coba bayangkan betapa hebohnya kebocoran itu sampai evakuasi segala)…

Apendix. Tak disangka aku bisa berbicara dgn Dia (sebut saja demikian, bukan nama sebenarnya) untuk yang kedua kalinya, setelah 5 tahun lamanya. Mungkin dia lupa padaku, dan aku tak punya alasan untuk mengingatkannya.

 Flasback sebentar ah. Ketika aku baru memasuki sekolah angsa ini, kau lah yg merangkulku pertama kali, dan mengatakan hal ini biasa dilakukan. Yg ini sumpah aku diapusi. Tdk ada kebiasaan ini di sekolah angsa. Dan dia lah yg memberi ku coklat saat di bis. Aku sudah tidak sedih lagi, karena terus terang memasuki sekolah angsa seperti masuk ke neraka, aku sedikit lega karena ternyata disini aku akan punya teman2 terbaik, kupikir semua orang akan seperti dia. Balik lagi ke 2010. Saya tdk tau bagaimana membalas kebaikkannya, saya melakukan tugas folou up sebaik mungkin, mungkin menurut angsa 0 saya kerajinan folou up, saya memfolou up bangsal saya bahkan bangsal yang bukan punya saya, atau bahkan kelompok lain yg sedang berhalangan, saya bahkan pernah datang jam 6 pagi, meski jarak antara rumah saya dan bangsal hampir 10 km.

Hal ini saya lakukan karena saya tdk sanggup melihat wajah Dia yang membuatku tersenyum 5 tahun yang lalu menjadi bad mood dan akhirnya marah2 g jelas. Meski saya melakukan kesalahan tak sekalipun dia marah pada saya. Di hari terakhir saya dalam grup ini. Saya ingin sekali menanyakan apakah dia masih ingat pada saya. Belum sempat saya ngomong, ditengah pembicaraan kami mengenai pasien, dia tersenyum pada saya. senyum yang sama seperti 5 tahun yang lalu. Dan saya tau, saya tdk perlu menanyakannya lagi. Karena baik dulu, sekarang ataupun kelak kami adalah teman sejawat. Dan menurut sumpah d***r, teman sejawat adalah saudara kandung.  Hehehe…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar