Jumat, 05 April 2013

Sindrom kelelahan kronis


Apakah anda sering merasa lelah? Bahkan setelah terbangun dari istirahat atau anda sudah minum berbagai macam obat dan multivitamin namun masih merasa lelah? Anda juga merasa tidak beres dengan kesehatan anda namun hasil laboratorium darah anda normal-normal saja? Bisa jadi anda sedang menderita sindrom kelelahan kronis.

Apakah sindrom kelelahan kronis?
Sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome) adalah suatu kumpulan gejala yang ditandai dengan rasa lelah dan letih, merasa tidak bertenaga meskipun sudah beristirahat dengan cukup. Keluhan ini biasanya berlangsung lama hingga berbulan-bulan. 

Hampir semua orang pernah mengalami kelelahan. Kelelahan biasanya muncul setelah kita beraktifitas, sibuk seharian di kantor, mengerjakan aktivitas rumah tangga dan merawat anak-anak. Jenis kelelahan fisik tersebut wajar, biasanya kelelahan akan hilang ketika istirahat kita cukup. Namun bila sudah beristirahat dengan cukup namun anda masih merasa lelah sepanjang hari bisa jadi anda terkena sindrom kelelahan kronik ini.

Sindrom kelelahan kronis ini bisa menyerang baik wanita ataupun pria. Biasanya menyerang usia produktif, para professional, dan para pekerja keras. Lebih banyak ditemukan di daerah perkotaan dimana kesibukan sangat tinggi, persaingan, stress berkepanjangan, dan kemacetan lalu lintas.

Gejala yang menyertai sindrom kelelahan kronik
Sindrom kelelahan kronis sering dianggap masuk angin biasa karena sering dibarengi dengan keluhan fisik lain. Keluhan tersebut dapat berupa nyeri pada sendi dan otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, bahkan demam. 

Beberapa orang juga menjadi sulit konsentrasi, menjadi pelupa atau sulit  fokus pada pekerjaan. Ada juga yang mengalami gangguan tidur seperti sulit memulai tidur meski sangat lelah, tidur tidak nyenyak. Keluhan tersebut biasanya diderita selama 6 bulan atau lebih. Pada keadaan lebih lanjut sindrom ini dapat menyebabkan gangguan makan dan gangguan tidur, sehingga dapat memicu timbulnya depresi pada seseorang. 

Penyebab
Sebetulnya saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dari sindrom kelelahan kronis ini. Namun beberapa ahli mengungkapkan adanya penyakit infeksi, kanker, ketidakseimbangan hormonal, kekebalan tubuh dan gangguan saraf dapat menjadi faktor penyebab timbulnya sindrom ini.

Pada beberapa orang dengan sindrom ini ditemukan tekanan darah yang rendah, sehingga muncul rasa mudah lelah hingga terkadang tiba-tiba pingsan. Pada anda yang kurang tidur berkepanjangan dan stress akibat pekerjaan juga dapat memicu timbulnya sindrom ini. Pada anda yang memiliki kekebalan tubuh yang kurang akan mempermudah  terserang infeksi, misalnya infeksi virus juga akan mengalami gejala-gejala sindrom kelelahan kronis. 

Anemia juga sering menyebabkan terjadinya kelelahan, anemia diketahui dengan memeriksakan kadar hemoglobin darah anda. Anemia ini sering di derita oleh wanita, karena pengaruh hormonal dan siklus menstruasi, juga pada para pekerja keras. Bedanya dengan sindrom kelelahan kronis, pada anemia ditemukan kelainan pada pemeriksaan darah sedangkan pada sindrom kelelahan kronis tidak ditemukan. 

Liver (hati) berperan dalam metabolisme dalam tubuh kita, diantaranya berperan dalam pencernaan, mendetoksifikasi racun, dan mengatur regulasi sel darah merah. Gangguan pada liver ini dapat menyebabkan kelelahan juga. Maka itu perlu pemeriksaan fungsi liver untuk mengetahui apakah kelelahan yang anda derita berasal dari sakit liver atau dari sindroma kelelahan kronik.

Cara mengatasi sindrom kelelahan kronis
Cobalah hal-hal sederhana untuk mengatasi keluhan kelelahan anda, misalnya dengan mengurangi atau menghentikan kegiatan-kegiatan yang sekiranya dapat menguras tenaga anda sehingga memicu timbulnya sindrom ini. Juga fokuskan pikiran anda pada hal-hal yang penting saja serta hindari stress yang berlebihan. Sempatkan seminggu sekali untuk berlibur, untuk mengembalikan tenaga dan pikiran dalam keadaan fresh.

Usahakan agar waktu tidur anda cukup, 7 hingga 8 jam sehari. Tidur malam hari cukup penting, maka kurangilah waktu tidur siang anda agar dapat tidur malam cukup nyenyak. Juga biasakannlah memiliki pola tidur yang baik, mulailah latihan dengan mulai dan bangun tidur di jam yang sama setiap harinya. Lakukan hobi yang sekiranya menyenangkan bagi anda.

Makanlah makanan sehat dengan diet yang seimbang, kurangilah makanan cepat saji dan perbanyak minum air putih. Konsumsi multivitamin sekiranya itu perlu. Hindari konsumsi alcohol dan rokok. Berolahragalah secara teratur, lakukan meditasi bila perlu. 

Sindrom kelelahan kronis bisa disembuhkan meski harus memakan waktu yang cukup lama. Jika hal-hal tersebut diatas belum dapat mengatasi kelelahan anda, berkonsultasilah dengan dokter anda. Dokter anda akan menyarankan hal apa yang anda harus lakukan selanjutnya serta perlunya pemberian obat-obatan bila keluhan tidak membaik. (TS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar