Minggu, 17 Juni 2012

Angsa dan Kesatria Pemegang Blade



Kenapa aku menulis ini? Tak ada alasan khusus, namun aku takut lupa, takut melupakan orang-orang terbaik yang pernah kutemui sepanjang hidupku.

Hari itu, setelah berganti baju akupun segera bergegas menuju acara laporan pagi. Hari ini kebetulan ada 2 program laminektomi pada gibbus TB dan VP shunt pada hidrochepalus. Setelah laporan pagi, ucuk…ucuk…aku memasuki ruangan dan bertemu dengan beliau, mulai memperkenalkan diriku. Lets go mulai beraksi. Beliau mulai menyepul si ecron pake aqua *dengan mata berbinar-binar, sumpah entah kenapa aku kagum banget sama cara menyepulnya, tidak sama seperti yang aku bisa selama ini, metode baru I think. (masukan jarum ke vial, semprot-semprot-tarik, ulang hingga seluruh isi vial larut.
“Oke, sekarang giliranmu, ayo coba, jangan sampai kamu gak bisa, malu sama si kepodang entar” beliau menyerahkan spuit beserta vialnya, kemudian aku mencobanya, not perfect sih, tapi beliau maklum. Dan tak satupun kata protes keluar dari mulutnya. Aku membantu persiapan obat (baru kali ini diijinkan untuk sama-sama nyiapin obat). Obat beres. Alat beres.
Udah semangat-semangat malah si ikannya yang telat. Huft. Ngaret hampir satu setengah jam. Udah bad mood ni.

Obrolan pun dimulai dengan beliau. Entah kenapa aku agak gak konek pas ditanya-tanya. Bahkan aku kurang mengerti pertanyaan sederhana. Aku merasa hari ini lemot banget. (perlu diketahui tadi malam aku jaga, setelah intubasi diruangan Lintas Bagian, ada debridement di depan jam 2 pagi, dan subuh tadi ada SC, gimana gak lemot). Bahkan yang paling parah ketika beliau Tanya “kamu SMA mana?” dan dengan wajah innocent aku pun menjawab “SMA 5”, GUBBRAK buset dah yang sekolah disana kan angsa ika gimana sih ni aku, buru-buru aku meralat “ eh, saya dari SMA 3” dong dong dong. Trus meraknya nanya lagi aku sih dengernya “kamu masuk sini (sekolah angsa) karena pilihan orang tua??” langsung ku jawab dengan tegas “ENGGAK”, bapaknya menatapku lekat-lekat, mungkin mengeek kesadaran ku ternyata beliau nanyanya “kamu angkatan 2005 ya?” *sumpah yang ini jauh banget salahnya pake bawa2 orangtua segala. “eh iya, saya 2005, tadi saya kira anda nanya saya masuk kesini atas keinginan orang tua” hehehe…geli banget aku…beliau nanya” kenapa sih loe, jangan grogi gitu dong” *mungkin grogi dan lemot itu sama
Si ikan dateng, akhirnya, “mas kalo ngantuk tidur aja”, midaz mulai masuk. “dek pakai hanskun”, manut ajalah, aku diajarin cara nge’cuff 5 menit tapi kemeng yo...

Pertamanya sih bingung sulit mempertahankan jalan napas, lalu beliau bilang ‘ya boleh deh pake dua tangan dulu’ aku melakukan jaw trush dengan 2 tangan, padahal tangan yang satu kan harus pegang balon * perlu diketahui si ikan cowok dengan mandibula yang besar dan berat, tanganku yang kecil kok kayaknya gak sebanding, *aku berharap tidak menyentuh baroreseptor di karotisnya-bisa vagal reflek mati aku bareng si ikan,  lalu aku mengambil balon kempusan disuruh ditaruh didada, rasakan inspirasinya, kempus, dimenit ke empat udah mulai gak bener ni, kalo gak bener balonnya jadi kempes, mulai dibenerin sama beliau, letak tangan, juga mengisi balon yang kempes dengan memencet tombol O2 pada mesin.
Mulai masuk propop, blade ada di kiriku, dikananku ET non kingking lengkap dengan stiletnya, gudel, plester, spuit angin. Siap “SIAP” masuk ecron, mbuka mulut, agak kesusahan sih dibantuin mbuka juga. Trus pas masukin blade nya, aku bertumpu pada yang tdk seharusnya, (pak lurah udah teriak-teriak heboh), namun beliau tetap sabar menungguku belajar membantuku memperjelas lapangan pandang sehingga aku bisa melihat epiglottis.

Akhirnya pun pergulatan selesai, “intub kali ini emang susah dek, aku aja susah”, mungkin beliau berusaha membesarkan hatiku, maklum lah aku diteriakin pak lurah segitunya, aku sih cuek aja toh ini perlakuan yang biasa dialami para angsa, namun beliau berusaha menenangkanku. Aku ingat betul bagaimana cara dia memegang blade tersebut, Nampak apa ya istilahnya? eksotis mungkin
Beliau juga mengajariku bagaimana cara menginfus, ya kali ini emang si ikane angel banget, udah pake jarum berbagai ukuran tetep aja, gak bisa, sekalinya masuk bocor ke interstitial, repotnya, namun beliau tetap sabar.

Kesatria Pemegang Blade, dia adalah guru yang paling baik diantara daftar guru terbaik dalam white list ku. Tak sekalipun keluar teriakan atau cacian keluar dari mulutnya. Karena memang beliau tidak mengajar dengan mulut but with gifted hand and heart. Beliau juga mengajariku dasar-dasar monitoring, patfis dasar kardiopulmuner, dan kegawatan sederhana.  Dia adalah dokter sejati. Dan tak sekalipun memaki meski aku salah. Thankyu father (setelah aku jadi dokter, aku akan menjadi saudaranya, ‘ Teman sejawat=saudara kandung’ thx brother)


Hari itu aku benar-benar belajar apa itu ABC, yang selama ini diumbar kemana2. A untuk airwaycontrol, B untuk breathing support dan C untuk circulation. Benar-benar hari yang sempurnya, belajar skill sempurna dengan guru yang sempurna pula.
Seingatku beliau berkata “nyawa pasien loe ada di tangan loe” jleb-jleb-jleb dalem banget

Kemudian terdengar lagu air supply berkumandang….(jangan dikira cuma di inul vista aja yang full music, disini juga)
“I`m all out of love, i`m so lost without you
I know you were right believing for so song
I`m all out of love, what am I without you
I cant be to late to say I was so wrong”
………………………………………..

Semangat untuk belajar lebih keras lagi

 
Di hari ujian. Angsa harus menunggu sekitar 7 jam, namun semua itu terbayar dengan bisa makan bersamanya. di meja yang sama, saling berhadapan, dengan menu yang sama ‘cumi’, dengan obrolan yang ringan, entah kenapa tak ingin cepat-cepat selesai makan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar