Minggu, 17 Juni 2012

Angsa dan Klinik VCT

Angsa interna. Karena Tugas dari dr. M maka, aku menemani widya untuk tes VCT di RSDK. VCT yaitu voluntary counserling and testing, jadi disini sifatnya sukarela, kemudian kita akan dijelaskan mengenai resiko tinggi enularan HIV, kita disuruh mengisi formulir lembar persetujuan, dengan pilihan boleh dibaca oleh dokter atau tidak boleh dibuka sama sekali. 
Kemudian kita diambil darah vena sekitar 3 cc, lalu diberi label nama kita. Menggunakan rapid tes, kalo misalnya satu positif maka akan diulang menggunakan 3 reagen berbeda, metode ELISA. 
Biasanya sih bisa langsung jadi, Cuma waktu itu kita datengnya kesiangan jadi mesti ngambil lagi besok. Deg-deg an juga waktu buka amplop yang isinya hasil pemeriksaan kita, untunglah negatif. Harusnya kalo negative/ positif ada konserlingnya 
Cuma waktu itu kata petugasnya, kita kan jauh lebih ngerti tentang HIV jadi kita gak dapet penjelasan.
Intinya kita bisa periksa tes HIV dengan aman, amplopnya tersegel, aman, so jangan takut tes HIV. Tes nya gratis, tapi kalo positif katanya sih bayar buat cek jumlah CD4, obat HIV lini pertama juga gratis dari pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar