Minggu, 01 Juli 2012

Angsa, perjuangan menuju bodi 50 di tempat Sang Raja

Kisah yang menyedihkan sebagai seekor angsa muda di sebuah BPI yang sangat megah ini.

Kisah ini terinspirasi ketika aku ingin makan di dapur ugd, dan tidak diijinkan untuk makan disana dengan alas an masih di pel dan mesti nunggu kering, kadang tempatnya dibuat rapat, sedangkan dikamar koas grup –raja-- harus dempet2an dengan puluhan angsa lain… mo makan aja susah, gimana mo hidup…
Akhir-akhir ini berat badanku yang kurasakan semakin menurun. Aku tak tahu sebabnya. Mulai mencari-cari dimana letak kesalahannya. Mungkinkah aku sakit?

Mulai aku anamnesis diriku sendiri. Demam subfebril (-), nyeri (-), riwayat kontak erat dengan penderita TB (-), keringat dimalam hari (-), mual (-), muntah (-), BAB dan BAK dalam batas normal. Dari pemeriksaan fisik dbn. Pembesaran nnll (-), massa(-).  Bahkan saking bingungnya aku sampe SADARI juga *apa hubungannya. Dari pemeriksaan GDS sampe pemeriksaan di klinik VCT sudah aku jalani. Dan ternyata bersyukur semuanya baik2 saja. So what? Apa yang salah.
Sehabis jaga GDS ku 66, Coba bayangkan??? Dibawah 60 sudah hipoglikemi. Ntar bisa koma nih. Piye jal…

Mungkinkah parasit ada dalam tubuhku? Masak aku harus lakuin pemeriksaan feses. Males ah. Langsung aja tembak. Kuminum sebotol pirantel pamoat. Sudah 6 bulan belum ada perubahan juga dalam BB.
Dari eviden based medicine, mitos sampai ilmu sesat semuanya udah kucoba untuk meningkatkan secara radikal berat badanku  ini.

Misalnya mulai mengganti makanan kesukaanku yang semula tempe menjadi KaeFCe. Dimana kalo makan nasi tempe paling banter 300 kkal diganti kfc dimana menunya nasi ayam tambah spageti minumnya es manis pake float segala, yang mana kalo diitung kalorinya mungkin sampe 1000 kkal. Dimana tempe dalam usus dapat mengikat zat lemak. Wah jadi gak bisa makan banyak.
Mitosnya kalo minum es bakal cepet gendut *kata seorang phoenix di UGD waktu itu. Perasaan kalo dirumah sehabis pulang selalu minum minuman es manis yang biasa dijual dipasaran *kebetulan dirumah kan ada warung. Cemilan ku pun tak tanggung2 semuanya berbasis gula dan coklat. Mulai dari cha2, beng2, ore*, slaiO dll.
Katanya kalo makan banyak garam bisa bikin gemuk juga. Dimana Natrium akan mengikat air jadi tubuh kita akan jadi lebih berat *teori iki rodo wagu, tubuh malah bengkak lah, jadi odem ntar. Tapi karena aku udah stress gak tau mesti ngapain? Gak ada salahnya kalo dicoba. Maka cemilan ciki pun menjadi pilihan. Tak luput juga ciki2. Saking seringnya makan ciki jadi mabok ciki.

Katanya kalo banyak makan mie instan bakal jadi gemuk. Padahal dari jaman dulu aku target puasa gak makan mie instan seumur hidup. Kalo pas lagi pingin mie, makan bihun yang bahan dasarnya beras bukan gandum. Maka aku mulai mengkonsumsi mie lagi pake telor lagi belum campuran sosis ato bakso yang kadang ada didalamnya.

Katanya kalo begadang bakal bikin gemuk karena produksi hormone sesuatu *lupa. Sehingga pagi harinya akan tambah lapar sehingga pengin makan banyak. Maka mulai mengubah ritme tidur. Tidur sore dulu bangun jam 9 malam trus begadang jam 12 malam tidur lagi. Tapi sering gagal karena ketika jam 9 terkadang gak bangun. Huh yang ini kayaknya gak logis so gak perlu dilakuin.

Paling repot kalo aku jaga, baik di bangsal ato di UGD, dietku yang acak adul diatas gak bisa kulakuin.  Mulai mikir-mikir gimana solusinya. Kalo jaga mesti TeVe pasien seabreg bahkan ada yang mesti TeVe per jam ato per 30 menit, GDS perjam,EKG pagi sore, urin 4 jam, balance cairan, infuse, belum kalo beging, bikin status, anamnesis, PF. Yang mana kalo pas aku jaga, pasti heboh, dimana terkadang tidur Cuma 1 ato paling banter 2 jam. Bahkan di grup ahli mimpi dimana kalo angsa lain jaga biasanya bisa tidur lbh dari 12 jam aku Cuma tidur 3 jam. Bahkan di ahli rias dimana kalo angsa lain paling poll si ikan bangsalnya 1, aku harus jagain 8 ikan *padahal bed nya Cuma 7, sampe overload gitu.

Kalo setiap jaga kaya gitu, gimana lemak dalam tubuhku gak habis. Kalo udah kayak gitu biasanya aku lupa makan baru inget jam 11 malam. Kalo udah kaya gini. Hiks.
Maka aku memutuskan untuk selangkah lebih maju. Pernah suatu kali aku jaga di grup ratu. Kerjaannya banyak banget kayak maen game -hospital dash- lah pokoke. Maka program diet waktu itu:  makan pagi dirumah, Jam 10 pagi mie instan kantin di grup itu, siang makan makanan jaga. Sore makan makanan jaga. Pas mbarengi GDS malem, aku keluar bentar beli makanan di kantin trus makan nasi kerang. Namun meski program diet udah TKTL (tinggi kalori tinggi lemak) tetep aja masih sering hipoglikemi. Maka ketika para ikan beli teh anget, maka aku pun ikut2an. Sebenarnya ide ini datangnya dari ikan yang hipoglikemi waktu itu trus bisa ditangani pake teh manis. Tak tanggung2 maka aku pun turut membeli teh manis. Per jam tiap habis TV seteguk teh manis. Ya ampun aku merasa kasihan pada diriku sendiri….

Pernah suatu tengah malam, hujan lagi, nekat ke depan UGD buat beli nasi goreng…
Tapi kemudian akhir-akhir ini aku jadi agak menyesal, kalo tak pikir-pikir selama ini, aku jaga selalu waktu tidurnya kurang dari 2 jam. Sebenarnya bisa tidur 2 jam kayak yang lain. Namun aku sering menggunakan waktu satu jam itu untuk perbaikan gizi. Berburu nasi kerang, nasi cumi, capjay, nasi goreng, dan juga nasi2 lainnya bahkan teh manis anget idolaku. Yang bahkan tak ada efeknya hingga sekarang…menyesal sekali. Karena aku gak enak sama grup jaga ku kalo harus berkali2 ijin makan, maka sering kali aku menggunakan waktu gantian tidurku untuk mengunyah…

Lama kelamaan kalo kaya gini bisa makan sambil pup, sambil mandi…
Saat ini aku memasuki grup baru. Bersama kelompok baru. Kelompok ini kami suka makan. Pagi2 udah sarapan ke bu-kam, siang dikit ke kantin Ibs buat berburu pisang karamel. Siangnya ke kantin UGD. Belom lagi kalo ada makanan gratisan, Diet ini sudah lebih dari TKTL. Belum lagi ditambah diet kaefce ku. Hehehe… tapi prognosis nya masih dubia ini. Dubia ad bonam…. Hahaha masih ada harapan

Sebenarnya kalo profesiku sebagai model gak masalah dengan bodi 46 ni masalahnya untuk prefesiku yang sekarang agak gak baik kalo aku terlihat kurus. Aku takut dituduh pasienku penyakitan. Dan takut banget kalo ada pasien anak2 dateng ingin berobat karena gizi buruk atau gizi kurang. Ibunya pasti bakal gak percaya aku bisa nglakuin perbaikan gizi lha wong aku nya aja kaya gini.
Paling sebel kalo pas lagi pertemuan keluarga ato pas lagi diajak bapak ibu angsa pergi arisan. Pas lagi ketemu dengan orang2 mereka selalu bilang “hei, angsa kamu kok tambah kurus aja, ya ampun berat banget ya hidup lo mo jadi dokter??”, “kamu kok menderita banget sih”, “ya ampun kamu pasti kerja berat?” “ belajar terus ya sampe kurus gini??”

Jawabku dalam hati, “ya ampun plis deh, hidupku bahagia kaleee, kalo belajar terus aku pasti udah gemuk kale lha wong belajarnya sambil ngemil. Capek deee’’’’. Aku bingung kenapa kurus identik dengan hidup menderita. Aku gak mau kaya gini terus….

Sebenarnya aku orang yang berprinsip sama dengan sebagian kaum adam, dimana kalo wanita itu makin berisi makin seksi. Namun berbadan kurus gak seburuk itu juga *cari pembelaan, biar gak tambah stress.

Kadang ada sisi baiknya misalnya=
 @ tubuh jadi terasa ringan, lutut atau lumbal ke  5 ku tidak harus menopang berat berlebih secara aku orang yang mobile banget.
@bisa nyempil2, misalnya saat rebutan makan di kantin UGD, visite, saat rebutan tempat tidur di kamar koas UGD, saat menempati kamar koas yang luasnya cuman 4x4 meter dan harus dihuni oleh 40 orang koas. Huft. *Berat ya hidup
@bisa pake baju apa aja. Bahkan sarung yang cuman digubet2in. tapi gak enak kalo pake baju ibs, jadi kegedean banget, kaya buntel…

Lama2 capek juga kalo dietnya acak adul kaya diatas. Ada ide yang lebih baik??? Desperate juga ni lama2? Lama2 bukan berat badanku yang naik. Tapi aku jadi jantungan, DM dan hipertensi…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar